Garansi Nasional | Teknologi Terkini | Koleksi Lengkap | Aksesoris Berkualitas | Menerima Ecer & Grosir

Garansi Nasional | Teknologi Terkini | Koleksi Lengkap | Aksesoris Berkualitas | Menerima Ecer & Grosir

  • Hubungi kami

  • info@barcodia.id

  • 0822-3008-6000

< back

Mesin Printer Kasir dan Sejarah Alat Bantu Transaksi

mesin printer kasir

Mesin printer kasir bisa jadi bagian penting dalam aktivitas berniaga, tapi tahukah Anda alat bantu berdagang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu?

Beberapa keuntungan dengan alat bantu perniagaan antara lain mempercepat proses jual beli, membantu perhitungan secara akurat dan merekam aktivitas penjualan. Peralatan modern bahkan dapat digunakan sebagai monitor produk populer, dan info stok terkini.

Mesin perniagaan juga membuat proses perniagaan dapat berkembang lebih pesat, dengan sistem manajerial yang tertata rapi. Sehingga pada akhirnya keuntungan dapat diproyeksi dengan mengantisipasi risiko kerugian.

Hampir semua aktivitas jual beli menggunakan alat bantu, meskipun bentuknya sederhana seperti kalkulator dan sempoa. Seperti toko kelontong, pasar dan usaha konvensional lainnya. Sementara peralatan lebih komplek dengan mesin printer kasir kerap digunakan pada usaha menengah dan ritel besar seperti minimarket atau supermarket.

Perkembangan alat bantu berniaga mengalami perkembangan pesat setiap masanya. Sejak ditemukan mata uang kuno, dan aktivitas jual beli, alat bantu aktivitas ini mulai digunakan orang meski dalam bentuk sederhana.

Jangan dibayangkan memiliki teknologi seperti sekarang, kasir atua mesin printer kasir kuno awalnya dibuat hanya untuk membantu proses perhitungan dalam aktivitas transaksi. Sehingga didapat hasil perhitungan yang tepat, hingga pada akhirnya terjadi kesepakatan.

 

Sejarah Mesin Kasir

Mesin kasir untuk aktivitas jual beli sudah ada sejak era tahun 1878. Penggunaan alat bantu ini berawal dari keterbatasan dan permasalahan yang sering muncul dari setiap aktivitas perdagangan konvensional.

Di mana orang sering mengalami kesalahan dalam menghitung, sehingga kerugian dari aktivitas usaha sering tidak dapat dihindari. Selain itu, permasalahan sering terjadi karena pencatatan detail barang yang dijual.

Beragam kelemahan dan permasalahan ini pada akhirnya membuat pedagang kerap berspekulasi dengan keadaan untung dan rugi dari aktivitasnya berniaga. Padahal, berbeda dengan sekarang dalam keadaan serba terbatas, melakukan usaha bukan hal semudah seperti sekarang.

Penggunaan alat bantu mesin kasir pertama diprakarsai oleh seorang pengusaha salon asal Ohio di Amerika Serikat. James Jacob Ritty pada tahun 1878 mulai bereksperimen dengan menciptakan sebuah mesin yang awalnya digunakan untuk aktivitas jurnal perpajakan dan transaksi penjualan.

Dimana pada tahun tersebut, kelemahan proses pencatatan membuat aktivitas bisnis dan perpajakan kerap diwarnai dengan tingkat kecurangan yang tinggi.

Hingga pada akhirnya mesin kasir komersial mulai diperkenalkan dan digunakan pada beberapa aktivitas komersial. Alat bantu ini membantu pemilik usaha melayani setiap pelanggannya dengan cepat dan efektif.

Meski awalnya hanya sekedar mencatat,pada akhirnya mesin kasir pertama di dunia ini akhirnya digunakan dan berkembang dengan penambahan beberapa fitur yang dibutuhkan. Terutama dalam hal aktivitas jual beli.

Penambahan fitur ini tak bisa lepas dari peran dua perusahaan pionir, yakni Casio dan Sharp yang membuat fungsi mesin menjadi lebih komplek. Dengan prose pencatatan dan perhitungan lebih baik, dan mulai dipasarkan ke seluruh dunia.

Penambahan fitur utama paling terasa adalah mesin printer kasir yang dapat mencetak bukti transaksi jual beli. Selain itu, input data bisa dilakukan secara digital, meninggalkan cara lama yang masih manual dan analog.

Produk mesin kasir digital mulai banyak dijumpai sejak tahun 70 an di beberapa toko modern seperti supermarket dan sebagainya. Produk ini dinilai sangat efektif dalam membantu aktivitas transaksi, seperti menghitung, input data dan mencetak hasil transaksi.

Perkembangan juga dirasakan saat komputer pertama mulai dijual bebas. Perkembangan mesin kasir mengalami perubahan dengan integrasi dengan perangkat desktop komputer. Berkat alat ini, antrian Panjang dapat diatasi dalam waktu singkat.

Tak hanya di pertokoan dan aktivitas perniagaan, mesin semacam ini juga kerap dijumpai pada aktivitas kantor keuangan seperti pajak dan perbankan. Meski tujuannya berbeda, namun fungsi garis besar yang dilakukan pada dasarnya sama.

 

Mesin Printer Kasir Bluetooth dan Fasilitas Mobile

Hingga memasuki era tahun 2000, perkembangan perangkat gadget tak terbendung, dan orang-orang mulai familiar dengan perangkat pintar. Pada saat itulah, mesin kasir pada akhirnya juga berevolusi dengan kebutuhan mobile.

Penambahan fitur menjadi bagian penting, dimana produk tak selalu tergantung dengan komputer, listrik dan kabel. Karena semua fasilitas tersebut bisa digantikan dengan perangkat pintar, baterai yang membuat perangkat bisa berdiri sendiri dan tentu saja Bluetooth.

Hingga pada akhirnya, mesin printer kasir, perangkat monitor dan operasional, bahkan penyimpan uang Cash Drawer dapat terintegrasi satu dengan yang lain tanpa terhubung kabel. Cara ini dianggap mempermudah aktivitas perniagaan secara mobile, efisien dan tentu saja efektif.

Bahkan integrasi secara online memberi babak baru fasilitas mesin kasir modern. Tak hanya bersifat transaksional, produk ini juga dapat digunakan sebagai monitor penjualan. Dengan terhubung dengan data penjualan dan pembelian, serta info stok secara riil.

Sehingga saat dibutuhkan, konsumen dapat bertanya harga, jumlah stock dan bahkan kadaluarsa produk yang akan dibeli. Informasi komplit tersebut bisa didapat dari satu tempat dengan waktu yang cepat.

Penambahan fasilitas lain adalah pembaca scan barcode. Cara ini mempermudah petugas kasir memasukkan identitas produk yang ditransaksikan. Cara ini lebih cepat tentu saja dibanding memasukkan kode dengan cara mengetik.

Proses pencetakan bukti transaksi pun kian beragam dengan fasilitas mesin printer kasir modern yang sudah terintegrasi dengan Bluetooth. Selain bisa mobile, penggunaan dengan perangkat pintar membuat aktivitas perniagaan bisa dilakukan bahkan saat listrik mati.

 

Membangun Mesin Kasir Modern

Membangun mesin kasir modern bisa dilakukan sangat beragam dan bebas disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perniagaan Anda. Hanya saja ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memperlancar aktivitas transaksi.

Banyak cara melengkapi alat bantu perniagaan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan membangun mesin kasir murah bukan sesuatu yang mustahil, karena hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara penggunaan peralatan mobile.

Sementara aksesoris seperti mesin printer kasir, pembaca barcode, dan perangkat cash drawer untuk menyimpan uang cas juga kerap ditawarkan secara terpisah. Seperti yang ditawarkan oleh Barcodia, yang menyediakan perangkat kasir modern.

Seperti mesin EDC, Mesin printer kasir POS, Pole Display, Laci uang Cash, barcode scanner pole display dan sebagainya. Semua tersedia dalam berbagai brand, harga dan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 


Temukan mesin kasir dengan teknologi terkini yang tepat untuk bisnis Anda hanya di Barcodia. Lihat katalog kami untuk koleksi lengkap mesin printer kasir terbaru!